Tidak bisa dipungkiri, Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi bagi wisatawan lokal maupun inter lokal. Bertepatan akhir tahun 2019 yang sudah tiba, tentunya bulan penutup ini erat kaitannya dengan hari libur. Untuk melepas penat setelah berkutat dengan panjangnya aktivitas sehari-hari selama sebelas bulan lamanya, bulan Desember tentunya menjadi bulan yang paling dinanti-nanti.

5 Lokasi Destinasi Wisata Akhir Tahun di Sulawesi Selatan

source via idntimes.com

Tapi tentu saja, memilih destinasi wisata akhir tahun tidak boleh asal tunjuk. Memang ada banyak destinasi yang bisa dikunjungi di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Namun bukan berarti Anda bisa asal pilih, karena tidak semua lokasi worth it dikunjungi.

Baca juga : Inilah Perawatan yang Benar Untuk Bus Pariwisata Agar Performanya Tetap Terjaga

Destinasi Wisata Akhir Tahun yang Worth it Kamu Kunjungi

Sebagai pertimbangan, berikut ini ada 5 rekomendasi destinasi wisata di akhir tahun yang worth it dikunjungi oleh kamu.

Tana Toraja

Perjalanan menuju Tator (Tana Toraja) dapat ditempuh melalui jalur darat dan jalur udara. Kabupaten yang terletak kurang lebih delapan jam dari pusat Kota Makassar ini tidak pernah tidak ramai saat penghujung tahun tiba. Kota yang sarat akan kesan mistis ini memiliki banyak destinasi wisata, ada Kete’ Kesu, Rumah Tongkonan, Lolai: Negeri di Atas Awan, Buntu Burake, Bori dan destinasi lainnya. Setiap mengunjungi tempat wisata, Anda diharuskan merogoh kocek sepuluh ribu rupiah untuk setiap destinasi yang ditapak. Tak hanya itu, di Toraja perayaan tahun baru selalu diwarnai dengan ramainya pelepasan kembang api yang meriah. Dijamin perayaan tahun barumu tidak akan boring sama sekali.

Selayar

Kabupaten satu ini terletak di posisi paling timur Indonesia, berdekatan dengan Nusa Tenggara. Terletak kurang lebih delapan jam dengan Kota Makassar, perjalanan bisa ditempuh dengan jalur darat dan jalur udara. Dihitung secara kasar, butuh dua ratus ribu untuk sampai di Kota Benteng, pusat Kabupaten Selayar dengan jalur darat. Melalui jalur udara ditempuh seharga tiga ratus hingga lima ratus ribu dengan pesawat domestik.

Mungkin eksistensi Selayar kurang didengar dunia, padahal banyak destinasi wisata akhir tahun yang bisa dikunjungi saat menginjakkan kaki di pulau eksotis ini. Seperti yang dideskripsikan di kanal youtube Fiersa Besari, wisata di Selayar hampir semuanya tentang laut. Ada wisata Liang Kareta, Liang Tarrusu, Pantai Punagaan, Pulau Guang, Kampung Penyu, Balo Jaha, Batu Lohe, Pantai Sunari, Pantai Pinang, Bone Tappalang dan masih banyak lagi yang menunggu untuk dikunjungi.

Malino

Malino adalah destinasi di Sulawesi Selatan berikutnya yang menjadi primadona lokasi wisata di akhir tahun. Masih termasuk dalam radius Kabupaten Gowa dengan kawasan wisata yang sarat akan warna hijau. Udaranya yang sejuk sekitaran 10 hingga 26 derajat celcius dikarenakan ketinggiannya mencapai 1050 meter di atas permukaan laut. Kawasan Hutan Pinus, Lembah Hijau Camp, Kebun Strawberry, Air Terju Takappala, Malino Highland dan lain-lain.

Pulau Samalona

Pulau eksotis yang masih menjadi bagian dari Kota Makassar ini tidak pernah sepi pengunjung. Pulau ini dapat ditempuh menggunakan perahu motor dengan durasi tiga puluh menit lamanya. Di sana, Anda bisa menikmati keindahan bawah laut, berupa terumbu karang dan biota laut lain dengan menyewa alat selam untuk diving dan snorkeling lengkap dengan guide jika memang dibutuhkan. Pasir putih yang membentang di sepanjang tepi pulau akan membuat Anda betah berlama-lama di pulau cantik ini.

Taka Bonerate

Taka Bonerate

source via : triptrus.com

Destinasi wisata akhir tahun selanjutnya adalah Taka Bonerate. Masih termasuk bagian dari Kabupaten Selayar, kawasan taman laut ini memiliki atol terbesar ketiga di dunia. Setiap tahunnya, Selayar mengadakan festival sail Taka Bonerate atau Taka Bonerate Island Expedition. Tak kalah eksotik dengan Pulau Samalona, di Taka Bonerate sendiri, Anda bisa mengunjungi pulau-pulau yang terhampar di sekitarnya. Pulau Jinato, Pulau Lantigiang, Pulau Rajuni dan Pulau Tinabo.

Bicara mengenai keindahan lautnya, tidak diragukan lagi betapa memukaunya pulau-pulau tersebut karena belum terjamah tangan-tangan nakal. Anda bisa menikmati olahraga air dan  merasakan sensasi berenang bersama ikan hiu karang.