Berlibur bersama keluarga maupun acara sekolah menyenangkan menjadi pengalaman baru untuk anak-anak. Namun perjalanan yang jauh buat anak bosan karena terlalu lama duduk di kursi kendaraan, orang tua pasti ikut gelisah jika buah hati mulai bosan dan melakukan hal yang kurang menyenangkan seperti terus menangis atau merengek meminta pulang. Bahkan ada anak yang sepanjang perjalanan rewel karena tidak nyaman dengan keadaan perjalanan.

Tips Cegah Anak Bosan Selama di Perjalanan

Tips Agar Anak Tidak Bosan Selama Perjalanan

Usahakan memenuhi semua kebutuhan anak-anak sebelum memulai perjalanan liburan maupun acara jauh. Walaupun terkesan merepotkan, berdampak baik bagi anak-anak sehingga mereka ceria selama perjalanan, dibawah ini ada 5 tips agar anak tidak bosan selama perjalanan untuk bahan acuan, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Transportasi Yang Nyaman

Liburan bersama anak-anak harus menggunakan transportasi yang nyaman sehingga anak ceria dan tidak mabok perjalanan. Jangan sampai menggunakan transportasi dengan harga murah tetapi tidak berkualitas dan memebuat buah hati rewel, anda dapat menggunakan mobil pribadi maupun sewa bus pariwisata jika liburan secara rombongan. Selain anak-anak ceria selama perjalanan, berbagai susana dan permainan dapat diciptakan sehingga anak tidak jenuh duduk di dalam kendaraan.

2. Membawa Makanan Kesukaan Anak

Umumnya, anak-anak memiliki makanan kesukaan yang harus dibawa kemana pun pergi. Bawalah makanan ringan maupun nasi dan lauk untuk makan siang anak sehingga anak tidak jenuh selama perjalanan, namun membawa makanan sehat dan bergizi lebih di prioritaskan dibanding memebawa snack. Agar anak tetap fit selama perjalanan, bawalah buah-buahan sehingga mereka tidak dehidrasi walaupun kurang minum air putih.

3. Mendengarkan Musik

Anak Mendengarkan Musik

Ketika anak mulai bosan, putarlah lagu kesukaan anak-anak agar mereka kembali ceria. Sejatinya, anak-anak sangat menyukai musik dan turut bernyanyi jika lagu favoritnya diputar, apalagi sewa bus pariwisata Jakarta kini menyedikan fasilitas musik anak-anak. Orang tua diusahakan menjalin interaksi di saat buah hati mendengarkan musik, misalnya membicarakan hal yang disampaikan melalui lagu sehingga anak mengembangkan imajinasinya untuk berfikir.

4. Tidur

Anak-anak yang diperjalanan dapat tidur membuatnya ceria dan tidak lelah. Bujuklah anak untuk tidur dipangkuan orang tua walaupun hanya beberapa menit, dengan begitu saat bangun tidur mereka akan rileks dan menikmati perjalanan kembali. Jika anak sulit tidur karena rewel, anda dapat membacakan dongeng sehingga lama-kelamaan akan mengantuk. Bahkan disarankan agar orang tua tidur bergantian sehingga dapat bergantian menjaga buah hati dengan semangat, pastinya tanpa rasa kantuk dan lelah.

5. Membuat Permainan

Permainan membuat anak selalu ceria dan semangat mengikuti jalannya permainan, tentunya hal ini ada di sewa bus pariwisata. Pasalnya perjalanan secara rombongan bersama sanak saudara maupun kegiatan sekolah pasti diselingi games dan kuis bagi anak selama di perjalanan agar tidak membosankan, permainannya pun sederhana dan mudah dimengerti anak seperti tebak kata, tebak gambar maupun tebak-tebakan lagu. Jika diperlukan, orang tua ikut berapreasi membuat permainan kesukaan anak sehingga keakraban terjalin erat. Tentunya buah hati senang walaupun lelah menyergap tubuhnya.

Disaat anak bosan diperjalanan memang merepotkan dan memicu kemarahan orang tua. Namun sudah sepatutnya orang tua menghibur buah hati cara menikmati perjalanan, tanamkan agar mereka memperhatikan hal yang dilihat diperjalannnya sebagai pembelajaran di rumah maupun sekolah. Maka ke 5 tips diatas dapat dijadikan pengetahuan agar anak tidak bosan selama perjalanan karena saat anak menikmati perjalanan, orang tua senang dan ikut menikmatinya.

5 Tips Cegah Anak Bosan Selama di Perjalanan
5 (100%) 28 votes