Mood anak mudah berubah-ubah, kadang bahagia dan mendadak sedih. Apalagi ketika mereka menempuh perjalanan jauh yang menguras tenaga dan pikiran sehingga mudah lelah. Salah satunya perjalanan eduwisata yang secara berkala di adakan sekolah-sekolah, baik itu sekolah PAUD, SD dan sekolah menengah. Pastinya anak-anak akan kelelahan menempuh perjalanan panjang sehingga membutuhkan games agar membangkitkan semangat. Selain perjalanan menyenangkan, adanya games secara langsung mengasah daya tangkap anak-anak dan mempererat keakraban.

Games dan Kuis Seru Penghibur Perjalanan Eduwisata Anak

5 Games Untuk Menghibur Perjalanan Eduwisata Anak

Sebagai guru pendamping maupun wali murid yang ikut eduwisata diharapkan mengetahui apa saja games yang disukai anak-anak. Tujuannya agar games tersebut tidak membuat anak semakin jenuh dan mengantuk, usahakan memilih games yang sesuai dengan usia anak-anak agar mudah ditangkap oleh anak. Namun terkadang bingung memilih games seru yang cocok menemani eduwisata anak, untuk itu dibawah ini ada 5 games seru yang dapat diajdikan acuan membuat anak-anak tetap semangat, antara lain:

1. Memory Game

Game atau kuis memory game mampu membangkitkan semangat anak-anak karena permainannya melibatkan banyak anak dan membuat anak berfikir ingin mengungkapkan hal apa. Hal itu karena memory game dimulai dari guru pembimbing yang mengatakan keinginannya ingin pergi kemana dan hendak membawa apa. Misalnya, Saya menuju supermarket untuk membeli….? Kemudian pemain pertama harus menyebut huruf A dan pemain ke 2 mengulang benda tersebut dengan di mulai dari huruf B dan seterusnya. Tentu perjalanan akan berkesan dan saling kompak, yang terpenting adalah saat sewa bus pariwisata harus benar agar tidak mengurangi kebahagiaan perjalanan.

2. Road Trip Scavenger Hunt

Road Trip Scavenger Hunt

Games ini menekankan anak-anak kritis dan memperhatikan area jalan yang dilaluinya untuk dibuat daftar. Tujuan gamesnya adalah membuat daftar hal apa saja yang diperintahkan guru pendamping agar anak-anak melalukannya, misalnya ketika perjalanan melewati pedesaan, maka guru pendamping akan mengarahkan apa saja yang dilihat anak-anak agar ditulis. Misalnya saja anak-anak melihat tanaman padi, pisang, traktor, kerbau dan lain-lain.

3. Keep The Beat

Pelanggan Sewa bus pariwisata Jakarta – Bali sering menjadikan games Keep The Beat sebagai game atau kuis wajib di perjalanannya karena melibatkan pengemudi sebagai pemain games. Hal itu karena pengemudi akan memutar lagu pupuler anak-anak dan pemain pertama akan bernyanyi lipsing, namun tanpa memberikan aba-abak pengemudi akan mematikan lagu tersebut beberapa detik agar pemain tetap melanjutkan nyanyinya. Apabila pemain pertama sanggup bernyanyi sampai selesai dan sesuai dengan lagu dan ritmenya, akan maju ke babak selanjutnya dan bergiliran dengan pemain lainnya.

4. Fizz Buzz

Game Fizz Buzz membuat anak-anak, wali murid dan guru pendamping kompak karena gamesnya melibatkan anak-anak dan orang dewasa. Sementara permainannya berbentuk menghitung yang mewajibkan pemain bergiliran menghitung ke atas dan saat ada kelipatan tiga harus mengatakan “Fizz” dan “Buzz” kalau ada kelipatan lima. Namun saat terdapat kelipatan menyerupai seperti 15, maka pemain harus mengatakan Fizz Buzz dimana pemain yang dapat menghitung sangat tinggi akan menang.

5. Three For A Pig

Three For A Pig

Banyak orang sewa bus pariwisata sebagai kendaraan perjalanan eduwisata karena terdapat beragam games yang ditetapkan pihak Bus dan pengemudi. Salah satunya games Three For A Pig yang melibatkan pengemudi dan penumpang. Sementara permainannya mengedepankan agar anak-anak melihat ke jendela masing-masing agar melihat hewan selama perjalanan dan poin akan bertambah saat anak melihat hewan.

Games dan Kuis Seru Penghibur Perjalanan Eduwisata Anak
5 (100%) 25 votes