Merawat kendaraan merupakan hal yang sangat penting. Hal itu karena bukan saja berkaitan dengan tampilan, performa, dan kenyamanan dalam menggunakan kendaraan. Akan tetapi, lebih jauh lagi, kondisi armada transportasi bisa sangat berpengaruh pada keamanan selama dalam perjalanan.

pusat sewa bus pariwisata 1

Apalagi armada transportasi sewa bus pariwisata Jakarta Utara yang pastinya membawa banyak sekali penumpang. Kalau sampai terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, bisa jadi korbannya tidak akan sedikit. Maka dari itu, melakukan perawatan bus pariwisata harus dilakukan secara rutin dengan cara yang benar sehingga keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan bisa terus terjamin.

Memperhatikan Perawatan Interior dan Eksterior Bus

Interior dan Eksterior Bus

Perawatan bus pariwisata yang harus rutin diperhatikan adalah terkait dengan kondisi interior dan eksterior bus. Bersihkan secara berkala dengan cara-cara mudah. Gunakan sapu dan penghisap debu untuk membersihkan bagian interior.

Sementara bagian luar bisa dicuci dengan pembersih khusus kendaraan. Jangan lupa untuk memperbaiki cat-cat yang sudah mengelupas atau tergores sehingga armada sewa bus pariwisata senantiasa terlihat bagus dan menarik.

Memeriksa Fungsi Semua Fasilitas Bus

Kerap digunakan untuk perjalanan panjang dan jauh, fasilitas bus merupakan aspek penting dalam menentukan keamanan dan kenyamanan selama dalam perjalanan. Oleh karena itu, selalu lakukan pengecekan dan perawatan pada semua fasilitas bus untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

  • Kondisi reclining seats harus bisa dioperasikan dengan baik
  • AC yang bekerja sesuai fungsinya mendinginkan ruangan
  • Fasilitas hiburan seperti TV, DVD, dan karaoke bisa digunakan tanpa masalah
  • Kondisi toilet yang disediakan, berfungsi sesuai seharusnya
  • Peralatan elektronik lainnya seperti dispenser, charger, router WiFi berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Terdapat barang-barang untuk kondisi darurat dan kotak P3K

Cek Kondisi Komponen-Komponen Operasional Bus

ban bus

Mengecek kondisi komponen-komponen operasional bus sangat penting dilakukan, karena berkaitan langsung dengan keselamatan penumpang.

  • Cek bagian mesin bus mulai dari yang paling kecil seperti baut, mur, pastikan tidak ada kebocoran pada selang atau tempat bensin, oli atau air.
  • Pemeriksaan kondisi rem sangat penting dilakukan. Mulai dari kampas rem dan fungsi sistem pengereman. Kerusakan rem blong bisa menjadi penyebab kecelakaan besar. Terakhir sempat terjadi tabrakan beruntun di tol Cipularang yang melibatkan 24 kendaraan. Disinyalir rem blong menjadi penyebabnya. Oleh karena itu, memastikan sistem pengereman berjalan baik merupakan sebuah kewajiban.
  • Kondisi ban juga wajib dipastikan kelayakannya. Pasalnya, ban juga bisa menjadi penyebab kecelakaan jika sudah mengalami penipisan. Beberapa kendala yang bisa dihadapi karena masalah ban adalah: Ban kempes, selip, bahkan meledak saat digunakan. Kondisi tersebut bisa membawa pada musibah kecelakaan lalu lintas.
  • Perhatikan instalasi kelistrikan yang terpasang pada armada bus pariwisata. Termasuk kondisi lampu untuk penerangan dan kabel-kabel yang terpasang. Jangan sampai terjadi konsleting yang dapat menimbulkan terjadi kebakaran. Kondisi lampu penerangan sangat penting diperhatikan, terutama untuk perjalanan malam. Demikian juga lampu sen harus berfungsi baik untuk mencegah terjadinya tabrakan.
  • Lakukan pengecekan terhadap oli mesin secara rutin. Hal itu karena sangat berpengaruh pada keamanan operasional mesin sehingga mesin kendaraan bisa berfungsi dengan baik.

Tanggap Dalam Menangani Berbagai Kerusakan Sekecil Apapun

Perawatan yang benar untuk bus pariwisata juga meliputi sikap tanggap dalam menangani berbagai kerusakan sekecil apapun. Karena jika dibiarkan, kerusakan kecil itu bisa bertambah parah dan menimbulkan resiko besar.

Setelah kerusakan ditemukan, segera lakukan perbaikan secepatnya. Atau jadwalkan untuk perbaikan jika harus diperbaiki secara besar-besaran sehingga armada bus pariwisata bisa tetap terjaga performanya.