Cara Tepat Pemesanan Bus Pariwisata Untuk Perjalanan Dinas

Perjalanan dinas menjadi salah satu target pasar yang dituju oleh berbagai layanan perjalanan seperti, sewa bus pariwisata, hotel, maskapai sampai restaurant. Dengan bekerjasama semua pihak akan diuntungkan. Perusahaan mendapatkan kemudahan untuk melakukan pemesanan secara kontiniu dan pihak penyedia layanan sewa bus mendapatkan pelanggan tetap yang memesan dengan kepastian waktu yang terjadwal.

Tips Memesan Bus Pariwisata Agar perjalan Bisnis Lancar

Waktu dan Kapasitas adalah dua hal penting yang diperlukan untuk menyewa bus pariwisata agar pada waktunya tidak terjadi kendala yang dapat merusak keseluruhan perjalanan bisnis. Bila ingin melakukan pemesanan bus dengan benar ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan.

1. Perencanaan Acara

Bila tidak ada kebutuhan wisata yang memerlukan sewa bus pariwisata Jakarta, Bandung, Surabaya atau kota lainnya, maka perlu dipastikan hari dan tanggal yang pasti untuk keberangkatan. Beberapa persiapan termasuk:

  • Menentukan tempat tujuan dan berapa lama perjalanan.
  • Temukan agensi bus yang terbaik, bisa dapat referensi dari pengelola perjalanan dinas sebelumnya untuk data agensi terpecaya yang pernah diajak kerjasama.
  • Menentukan kapasitas, pastikan untuk mendapat bus pariwisata yang sesuai dengan jumlah peserta yang akan ikut perjalanan dinas.

2. Penetapan Data Pemesanan

Bila anda termasuk perencana kegiatan yang detail, maka untuk hal sederhana seperti pemesanan bus, akan dilakukan dengan terperinci dari mulai menghubungi, pemesanan hingga pembayaran. Setelah melakukan perencanaan dan semua data sudah diperoleh, saatnya untuk membooking bus yang sesuai keinginan.

  • Menelpon kontak person Pusatsewabus.com dan menyebutkan Nama Perusahaan, nomor telpon, kapasitas bus dan waktu keberangkatan dan kepulangan.
  • Kemudian meminta kesepakatan bagian keuangan untuk dana yang diperlukan untuk memberikan tanda jadi atau down payment agar bus yang dinginkan tidak diberikan kepada pihak lain.
  • Sempatkan untuk melihat unit yang tersedia untuk mendapatkan gambaran jelas untuk fasilitas dan sarana yang akan diperoleh.

3. Pembayaran

Bagian penting dalam keseluruhan proses memesan bus pariwisata diakhiri dengan pembayaran. Ada beberapa hal penting yang harus dipastikan dalam melakukan pembayaran

  • Minta kuitansi dan lengkap dengan cantuman data fasilitas dan jenis bus yang telah disepakati. Bila tidak tercantum dalam kuitansi, mintalah untuk dituliskan.
  • Melakukan DP jauh hari sebelum acara bahkan sebulan sebelum perjalanan dinas bila perlu.
  • Pastikan menyimpan nama dan nomor telpon baik sebelum, ketika, dan setelah melakukan pembayaran, agar dapat meminta keterangan bila ada sesuatu yang tidak sesuai dengan kesepakatan.
  • Pastikan harga yang disepakati adalah sudah termasuk semua layanan seperti, Bus, sopir, tol dan bahan bakar. Dan tidak ada biaya tambahan nantinya.
  • Berikan bukti pembayaran kepada bagian keuangan.

4. Pelunasan

Ketika tanggal keberangkatan semakin dekat, maka lakukanlah beberapa langkah terakhir untuk memastikan semua berjalan dengan lancar dan terencana.

  • Lakukan konfirmasi serta pelunasan setidaknya tiga hari sebelum keberangkatan.
  • Minta nomor kontak penanggung jawab perjalanan anda yang bisa dihubungi.
  • Melakukan pengecekan terakhir untuk kecocokan jumlah peserta dengan kapasitas bus.
  • Buat formasi bus dengan nama peserta, agak tidak ada kesulitan untuk menentukan tempat duduk dari tiap peserta.

Walaupun terlihat sepele namun terdapat banyak persiapan untuk dilakukan dari mulai perencanakan hingga semua persyaratan dalam penyewaan bus pariwisata. Bila semua terinci dengan jelas maka kesalahan dapat diminimalis dan kelancaran dapat diwujudkan. Mengikuti tata cara yang terperinci akan menjadi SOP (Standard Operational Process) yang dapat diikuti perusahaan untuk mengadakan perjalanan dinas.

Cara Tepat Pemesanan Bus Pariwisata Untuk Perjalanan Dinas
5 (100%) 20 votes